Prestasi Fast Affine Projection di Cyber Jawara dan Cyber Sea Games 2015

Prestasi Fast Affine Projection di Cyber Jawara dan Cyber Sea Games 2015

Sunday, October 25 th, 2015 ,

SeaGame2015Salah satu tim kebanggaan Fasilkom UI, Fast Affine Projection, kembali mengukir prestasi yang mengharumkan nama almamaternya. Setelah berhasil menjadi juara 1 di kompetisi Indonesian Cyber Army 2015, tim yang terdiri dari Adam Jordan, Fariskhi Vidyan, dan I Gusti Ngurah Putra Sattvika ini kembali menjajal kompetisi tingkat nasional lainnya, yaitu Cyber Jawara 2015.

Cyber Jawara adalah kompetisi yang berfokus di bidang pertahanan jaringan komputer dan bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan mengenai etika keamanan informasi. Ada 208 tim dari kalangan pelajar, mahasiswa, dosen, dan profesional yang mengikuti kompetisi ini. Seleksi ketat yang dilakukan menyisakan 16 tim sebagai finalis kompetisi, dan final dilaksanakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, 10 November 2015. Fast Affine Projection keluar sebagai juara 2 dari kompetisi ini.

Keesokan harinya, di lokasi yang sama, Fast Affine Projection mengikuti final Cyber Sea Games 2015. Para peserta, yang mayoritas berasal dari kalangan profesional di negara-negara ASEAN, harus sudah pernah memenangi lomba-lomba tingkat nasional di negaranya masing-masing untuk bisa ikut dalam Cyber Sea Games. Cyber Sea Games 2015 adalah Cyber Sea Games pertama yang diselenggarakan, dan Indonesia terpilih sebagai tuan rumah. Kompetisi ini diselanggarakan oleh IDSIRTII (Indonesia-Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dari Kemenkominfo bekerjasama dengan Japan-ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN Secretariat dan Japan Network Security Association.

Di kompetisi ini, peserta harus menyelesaikan soal-soal yang terdiri dari Web Hacking, Cryptography, Reverse Engineering, Binary Exploitation, Digital Forensic, dan Puzzle. Model soal yang diberikan adalah penyelesaian tantangan dengan melakukan eksploitasi terhadap celah yang ada sesuai dengan kategorinya. Fast Affine Projection berhasil keluar sebagai juara 4 dalam perlombaan ini.

Fasilkom UI mengucapkan selamat atas prestasi yang berhasil diukir oleh tim Fast Affine Projection. Semoga prestasi ini menjadi pemacu semangat berkarya mahasiswa-mahasiswa Fasilkom sehingga ada lebih banyak lagi pencapaian yang bisa dilakukan untuk kebaikan masyarakat dan almamater. (SA)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty