Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di FASILKOM UI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > Coronavirus (COVID-19) > Panduan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di FASILKOM UI

Dengan rujukan umum ke Panduan PJJ di UI, berikut ini adalah Panduan Pembelajaran Jarak Jauh di FASILKOM UI yang secara periodik akan diperbaharui sesuai perkembangan situasi.

  1. Bentuk kuliah daring dapat berupa kombinasi beberapa metode penyampaian berikut:
  • a) Kelas live diinisasi oleh dosen menggunakan fasilitas yang disediakan oleh UI, yaitu Microsoft Teams atau Google MeetupFasilkom menyediakan sarana Zoom (lihat Tutorial Integrasi Zoom di SCeLE CS2).
  • b) Informasi terkait pengelolaan kelas dan materi pembelajaran diunggah ke SCeLE Fasilkom atau EMAS.
  • c) Diskusi topik pembelajaran dilakukan melalui forum di SCeLE/EMAS dengan materi pemicu dari dosen yang melibatkan peserta kelas.
  • d) Dosen dapat memanfaatkan fasilitas/media lain untk melakukan teleconference, misal dengan Youtube channel, TalkFusion, dll. Tautan fasilitas ini wajib dicantumkan dalam laman kuliah di SCeLE/EMAS.
  1.  
  2. Sesi kuliah sesuai jadwal di SIAK-NG dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas live discussion untuk bentuk 1.c.
  3. Dosen yang memanfaatkan sarana synchronous class selain yang disediakan (butir 1.a) dapat mengajukan proposal pembiayaan dengan email ke Bu Sylvia (sylvia@cs.ui.ac.id) dan Bu Nunik (nunik@cs.ui.ac.id).  
  4. Materi pembelajaran yang dimaksud butir 1.b dapat berupa video, audio, slides, file multimedia atau pun tautan ke materi yang ada di Youtube, open courseware, dll dengan tetap memperhatikan etika penyebutan sumber lain yang menjadi referensi.
  5. Tugas, quiz dan ujian diselenggarakan secara online dengan memanfaatkan fasilitas synchronous (butir 1.a) untuk yang bersifat presentasi (sidang) atau asynchronous (assignment/take home exam).
  6. Sidang secara daring diatur dalam SK Dekan 048/F11.D/UI/2020.   
  7. IT Fasilkom akan membantu proses perekaman video, penambahan audio narasi ke slide MS Power Point serta editing file multimedia untuk kebutuhan materi kuliah daring. Untuk mengatur SDM pendukung dan penjadwalan pemakaian studio, dosen dapat menyampaikan enquiry melalui email ke itf@cs.ui.ac.id.
  8. Monitoring kehadiran dosen dilakukan terhadap log kegiatan butir 1 di SCeLE/EMAS.
  9. Monitoring kehadiran mahasiswa dilakukan terhadap log aktivitas yang terekam dalam fitur Reports di SCeLE/EMAS.