Kelas PPL Pamerkan 28 Aplikasi Karya Mahasiswa

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia > E-News > Kelas PPL Pamerkan 28 Aplikasi Karya Mahasiswa

Kamis (16/5), Fasilkom UI menyelenggarakan pameran hasil karya mahasiswa Fasilkom UI. Melalui kelas Proyek Perangkat Lunak (PPL) yang merupakan mata kuliah jurusan Ilmu Komputer Fasilkom UI, mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara membangun dan menghasilkan sebuah karya/aplikasi baik berbasis website maupun mobile. Dengan total 166 mahasiswa, kelas PPL pada tahun ini berhasil pamerkan sebanyak 28 aplikasi karya mahasiswa dengan menggandeng 22 perusahaan rekanan. Perusahaan yang menjadi partner dalam kelas PPL ini, menjadi supervisor proyek, yang bersama-sama mahasiswa menggembangkan sebuah aplikasi dalam kacamata bisnis dan akademik.

Hasil karya mahasiswa tersebut dirancang untuk dapat menjawab permasalahan di masyarakat. Berikut ke-28 aplikasi karya mahasiswa bersama partner:

  1. IDHUB bersama dengan IDWG, mengintegrasikan platform pengelola penempatan iklan digital bagi UKM.
  2. CONNECTDOT bersama dengan IDWG, mengembangkan aplikasi Linkedin bagi pencari kerja tanpa pendidikan tinggi.
  3. Temanbisnis bersama dengan TemanBisnis, membangun aplikasi Temanbisnis Customer database dan Analytics.
  4. Rationanrium bersama dengan Medigo Indonesia, mengembangkan aplikasi yang membantu PMI dalam merekap dan mengelola inventori darah di Indonesia.
  5. Blood in Time (BiT) besama dengan Medigo Indonesia, merupakan aplikasi yang menghubungkan pendonor dengan orang yang membutuhkan darah.
  6. YUK-RECYCLE bersama dengan GOJEK, menghasilkan aplikasi penjemputan dan pengiriman barang-barang bekas untuk didaur ulang.
  7. MicroWatch bersama dengan MicroStrategy, mengembangkan aplikasi untuk memperdiksi dan mengklasifikasi kriminalitas dengan teknik forecasting.
  8. LAPOR! bersama dengan Kantor Staf Presiden, menyempurnakan aplikasi LAPOR sebagai revamping national complaint handling admin system.
  9. Learnfazz bersama dengan PT Payfazzz Teknologi Nusantara, mengembangkan social media platform untuk aplikasi e-Learning.
  10. Sumbangi Apps bersama dengan Kitabisa, mengembangkan platform untuk menyumbangkan barang bekas.
  11. Aplikasi PAKD versi 3.0 untuk Fasilkom UI, yang merupakan sistem informasi rapat penilaian angka kredit dosen (PAKD) DGB UI.
  12. Apliasi Tugas Dosen untuk Fasilkom UI, merupakan aplikasi yang menginformasikan/membantu pengalokasian tugas pengajaran dosen.
  13. PsychoTip bersama dengan UIAC, mengembangkan aplikasi yang membantu konsultasi kesehatan mental untuk Indonesia Sehat Mental.
  14. Payment Process Simulator bersama dengan PT Nusa Satu Inti Artha, membangun aplikasi untuk menguji dan mengintegrasikan internal system DOKU dengan merchants, bank, dan partner luar lainnya yang membutuhkan simulasi pembayaran.
  15. DOKU Payment Gateway bersama dengan PT Nusa Satu Inti Artha, mengembangkan sistem untuk para penjual dalam menerima pembayaran dari banyak metode dalam satu sistem sederhana yang terintegrasi.
  16. Bersama dengan Justika.com, mengembangkan aplikasi marketplace dalam layanan dan bantuan hokum.
  17. Bersama dengan eComindo, mengembangkan rating and feedback system untuk manajer.
  18. Smart BTS Map bersama dengan Immobi Solusii Prima, menghasilkan aplikasi untuk menghubungikan end user dengan para petugas lapangan.
  19. SIMLOMANKEJAP bersama dengan Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), mengembangkan sistem monitoring kemamanan jaringan internet dan aplikasi pemerintah.
  20. SINADIN bersama dengan Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), merupakan sistem tata naskah dinas.
  21. DekoHouse bersama Dekoruma, mengembangkan aplikasi scheduling system sebagai penjadwalan konsultasi dengan arsitek perancangan rumah.
  22. Bersama dengan QIuntung, menghasilkan aplikasi e-Commerce yang menghubungkan supplier dengan para pedagang warung.
  23. SCRUM Booster merupakan aplikasi untuk membantu penyelenggaraan SCRUM yang menjadi proyek dari RSE Lab Fasilkom UI.
  24. DIGIBADGE bersama dengan Rubyh, menghasilkan aplikasi digital badges.
  25. SLOVNEEK bersama dengan Home Credit Indonesia, mengembangkan aplikasi bisnis data directory.
  26. Bersama dengan HappyFresh, mengembangkan system customer reminder for re-purchase pada aplikasi HappyFresh berbasi mobile web.
  27. Bersama dengan Pusilkom UI, mengembangkan apliaksi penjadwalan ujian dengan nama aplikasi EXAMICS.
  28. SI-SIDANG NG bersama dengan Pusilkom UI, merupakan pengembangan dari dari aplikasi sistem penjadwalan sidang.

Ke-28 aplikasi karya mahasiswa ini, dipamerkan di Gedung C Fasilkom UI dan dievaluasi. Melalui program kelas ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa Fasilkom UI untuk dapat menghasilkan beragam aplikasi bermanfaat dengan bekerjasama dan belajar langsung dari partner, sebagai persiapan sebelum memasuki masa Kerja Praktik.