Eksplorasi dunia programming melalui Fun Coding 2013

Eksplorasi dunia programming melalui Fun Coding 2013

Monday, July 01 st, 2013

Fun Coding, seminar dan workshop pemrograman untuk siswa – siswi SMA sukses diadakan 24 – 26 Juni 2013 di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Fun Coding yang merupakan bagian dari Summer Camp Fasilkom UI<https://www.cs.ui.ac.id/id/summer-camp> ini diselenggarakan atas kerja sama SunSquare Studiohttps://twitter.com/sunsquarestudio dan Lembaga Asisten Fasilkom UI <http://asisten.cs.ui.ac.id/>. Acara ini diikuti oleh 57 siswa dari berbagai sekolah yang sebagian besar belum pernah “menyentuh” pemrograman. Selain ingin menumbuhkan ketertarikan akan pemrograman pada siswa – siswi SMA, acara ini juga diadakan untuk menguji efektivitas website Beling (beling.cs.ui.ac.id).

Fun Coding dibuka secara resmi oleh Bapak Bayu Distiawan T, M. Kom yang merupakan perwakilan dari Tim Summer Camp Fasilkom UI. Beliau memotivasi para peserta Fun Coding dengan bercerita tentang pengalamannya saat pertama mengenal pemrograman. Selanjutnya peserta mulai memasuki sesi coding bersama para pengajar dan asisten di Lab Komputer Fasilkom UI. Materi yang diajarkan di hari pertama adalah perkenalan dengan Java, String, Integer, dan Variable, serta Perulangan. Di akhir materi, para peserta mengerjakan tugas harian pertamanya, yaitu melengkapi kode program sebuah game bernama RockPaperScissors.

Di hari kedua, Fun Coding kedatangan tamu dari Riset dan Teknologi Fasilkom UI, Alham Fikri Aji dan Mega Denditya dari Game Studio Chocoart yang berbagi tentang manfaat belajar pemrograman sekaligus memotivasi peserta untuk semangat dalam belajar programming. Dalam seminar ini para peserta benar – benar ditunjukkan manfaat yang nyata dari belajar pemrograman. Kemudian peserta kembali ke lab untuk melanjutkan materi mengenai method dan mengerjakan tugas harian, yaitu melengkapi kode program game Hangman. Di hari kedua ini peserta juga diajak berkunjung ke MIC UI (Microsoft Innovation Center UI) dan Ristek Fasilkom UI (Riset dan Teknologi). Di MIC UI mereka diperlihatkan secara langsung karya dari para anggota MIC UI di berbagai macam device. Kemudian di Ristek Fasilkom UI para peserta juga mendengar cerita langsung dari anggota Ristek yang berprestasi di dunia pemrograman.

Hari terakhir Fun Coding diawali dengan sesi mentoring dari para asisten. Di hari terakhir ini para peserta belajar mengenai Array dan mengerjakan tugas untuk melengkapi kode program game Tic Tac Toe. Setelah berhasil menyelesaikan tugas tersebut, peserta diajak bermain beberapa games yang telah dirancang oleh panitia. Acara kemudian dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh Bapak Samuel Louvan, S. Kom, M. Sc yang merupakan salah satu pembimbing dalam pengembangan website Beling.

“Indonesia bisa menjadi the next Silicon Valley, bisa muncul para penggiat IT di Indonesia, dan pemrograman bisa masuk di kurikulum sekolah”, tutur Zaka Zaidan Azminur selaku Project Officer Fun Coding.

“Saya ikut Fun Coding karena tertarik dengan programming sejak kelas 3 SMA. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya website Beling karena Beling menyediakan tutorial pemrograman berbahasa Indonesia. Untuk selanjutnya Fun Coding harus dilaksanakan lagi karena sangat bagus untuk pemula yang ingin mengetahui pemrograman”, ujar Rachmad Setiawan, peserta Fun Coding yang mendapat award ter-coding dari panitia.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty