Sejarah

Gedung Fasilkom

 

Pendirian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia tidak dapat dipisahkan dari pendirian Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) pada tahun 1972. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu komputer di Indonesia.

Pemusatan sumber daya manusia, peralatan, dan fasilitas perpustakaan bidang ilmu komputer di Pusilkom UI mengakibatkan timbulnya desakan dari berbagai pihak kepada UI untuk menyelenggarakan program studi Ilmu Komputer. Dengan adanya sumber daya manusia yang telah dipersiapkan sebelumnya, baik melalui tugas belajar ke luar negeri maupun berbagai kegiatan pengembangan ilmu komputer yang dilakukan oleh stafnya, maka pada tahun 1986 Pusilkom UI mulai menyelenggarakan Program Studi Ilmu Komputer untuk jenjang S1, dilanjutkan dengan program studi yang sama untuk jenjang S2 pada tahun 1988. Semua program studi yang sudah ada kemudian bernaung di bawah Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) yang secara resmi terbentuk pada tahun 1993.

Dalam perkembangannya, Pusilkom UI kemudian menjadi unit usaha akademik Fasilkom UI pada tahun 2005. Unit ini merupakan wadah bagi para staf Fasilkom UI untuk melaksanakan kegiatan layanan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat.