Sarjana Paralel untuk D3 (Ekstensi) Sistem Informasi

Pendahuluan

 

Pemerintah Indonesia telah menempatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai elemen penting dalam pembangunan nasional. Peningkatan pemanfaatan TIK serta percepatan perkembangan industri TIK di dalam negeri diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kinerja sektor publik, sektor bisnis, serta mutu dan relevansi sumber daya manusia di Indonesia.

Situasi yang ada menunjukkan bahwa jumlah lulusan program Diploma di bidang TIK yang telah bekerja di berbagai sektor ternyata cukup besar, dan mereka membutuhkan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi khususnya di bidang Sistem Informasi. Oleh karena itu, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) terdorong untuk ikut berperan dengan membuka Program Sarjana Ekstensi Sistem Informasi (mulai tahun akademik 2007/2008).

Persyaratan Umum

Persyaratan umum (eligibility) bagi calon mahasiswa program ini adalah minimal mereka telah menyelesaikan Program D3 bidang Sistem Informasi, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Komputer, Komputer Akuntansi atau program lain yang relevan, dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun.

Calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan umum program studi ekstensi akan diseleksi melalui ujian tertulis yang terdiri dari:

  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris

Waktu dan Tempat Perkuliahan

Perkuliahan program ini dilangsungkan di Kampus Fasilkom UI Depok, Senin sampai dengan Jumat, pada malam hari pukul 19.00 21.30 WIB.

Peraturan Transfer Kredit

Bagi yang telah diterima, kredit mata kuliah dari program D3 sebelumnya dapat ditransfer sebanyak MAKSIMUM 72 SKS melalui evaluasi dan pengesahan oleh Fakultas.

Lama Studi

Program S1 Ekstensi Sistem Informasi diharapkan dapat diselesaikan pada jangka waktu minimal 5 semester (2,5 tahun) dan maksimal 9 semester (4,5 tahun) dengan beban per semester berkisar antara 12-15 SKS.

Penerimaan

Informasi jalur penerimaan mahasiswa, selengkapnya dapat dilihat pada www.simak.ui.ac.id. Informasi mengenai registrasi online bagi mahasiswa baru dapat dilihat pada www.penerimaan.ui.ac.id.

Download Brosur

Download Biaya Pendidikan

Kurikulum

Program ini dimaksudkan sebagai pendidikan lanjutan (continuing education) bagi lulusan program Diploma-3 (D3) pada bidang Sistem Informasi serta bidang-bidang terkait seperti Teknik Komputer, Manajemen Informatika atau Teknik Informatika. Melalui program ekstensi ini mereka akan memperoleh peningkatan kompetensinya ke tingkat yang setara dengan lulusan Program Sarjana Sistem Informasi reguler. Peningkatan kompetensi tersebut meliputi penguasaan landasan ilmu pengetahuan yang terkait dengan bisnis, manajemen maupun penguasaan TIK yang merupakan skill yang sangat dibutuhkan dalam penerapan teknologi informasi di dalam suatu organisasi, dengan pengutamaan (fokus) pada bidang-bidang pengembangan sistem informasi, tekonologi informasi, dan sistem enterprise.

Peserta PSSI Kelas Ekstensi merupakan para lulusan dari program D3 di bidang Sistem Informasi/Manajemen Informatika/Teknologi Informasi/ Teknik Informatika/Ilmu Komputer dan program D3 lainnya yang terkait dengan bidang komputasional. Dalam penyusunan kurikulum PSSI Kelas Ekstensi ini, dilakukan pemetaan antara kurikulum D3 di bidang komputasional dengan kurikulum PSSI Reguler yang sudah disusun, sehingga menghasilkan serangkaian mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa PSSI Kelas Ekstensi. Namun mahasiswa PSSI Kelas Ekstensi dapat memanfaatkan mata kuliah yang sudah diperoleh dari program D3 dengan melakukan transfer kredit.

Perkuliahan PSSI Kelas Ekstensi dilakukan pada malam hari, dari Senin-Jumat. Dengan mempertimbangkan waktu perkuliahan dan jumlah SKS yang harus diambil, maka PSSI Kelas Ekstensi dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 5 semester.

Mata kuliah yang diberikan dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok berikut ini:

No
Kelompok Mata Kuliah
SKS
1
Transfer Kredit
62-72
2
Matrikulasi
0-10
3
Wajib Fakultas
18
4
Wajib Program Studi
33
5
Pilihan Bidang Minat
21
Jumlah Minimum
144

MK Wajib UI dan Wajib Rumpun tidak ada yang perlu diambil karena dianggap sudah menjadi bagian dari MK yang ditransfer. Sedangkan semua matakuliah matrikulasi, wajib fakultas, wajib program studi serta pilihan bidang minat yang diambil harus disesuaikan sehingga jumlah minimum total sksnya menjadi 144 SKS.

Detail mengenai mata kuliah per semester dapat dilihat pada Buku Panduan Kurikulum 2010 Buku Panduan Kurikulum 2010.

FAQ

  1. Apakah lulusan D3 bisa melanjutkan ke program sarjana ekstensi di Fasilkom UI?
  2. Jawab:
    Hanya lulusan D3 dengan bidang terkait dengan IT. Hal ini sebagai akibat logis agar jumlah transfer SKS bisa mencapai jumlah minimum yang bisa ditransfer untuk mengejar batas waktu studi maksimum yang ditentukan (9 semester).

  3. Berapa lama studi yang harus ditempuh?
  4. Jawab :
    Lama studi minimum adalah 5 semester (2,5 tahun) dan maksimal 9 semester (4,5 tahun) dengan beban per semester berkisar antara 12-15 SKS. Total SKS adalah 144 SKS. Dengan adanya semester pendek, mahasiswa dimungkinkan untuk menyelesaikan masa studi selama 4 semester (plus 2 kali semester pendek). Namun, dengan beban pekerjaan yang juga dimiliki mahasiswa di waktu siang maka program memberikan fleksibilitas untuk menyelesaikan hingga maksimum total 9 semester termasuk penyelesaian perkuliahan matrikulasi.

  5. Kapan waktu pendaftaran/masa penerimaan program sarjana ekstensi?
  6. Jawab:
    Pendaftaran Program S-1 Ekstensi Sistem Informasi akan dibuka pada Semester Genap, 8 Oktober sampai dengan 25 November 2012. Jadwal pendaftaran Program Ekstensi dapat dipantau pada situs simak http://simak.ui.ac.id/ maupun http://penerimaan.ui.ac.id/id. Pendaftaran dilakukan secara Online di http://penerimaan.ui.ac.id.

  7. Kapan waktu perkuliahan program Sarjana Ekstensi?
  8. Jawab:
    Perkuliahan semester Genap dimulai pada akhir Januari atau awal Februari. Aktivitas perkuliahan program Ekstensi dilakukan pada pukul 19.00 – 21.30 WIB.

  9. Berapa lama rata-rata masa studi program Sarjana Ekstensi hingga lulus?
  10. Jawab:
    Masa studi tepat waktu (sesuai harapan) adalah 5 semester.

  11. Apakah program ini sudah terakreditasi?
  12. Jawab:
    Program Studi Sistem Informasi Fasilkom UI sudah terakreditasi “A” oleh BAN.

  13. Bagaimana dengan kurikulum Program Ini?
  14. Jawab:
    Kurikulum program Ekstensi mengacu pada kurikulum Program Studi Sistem Informasi S1 reguler agar lulusan program Ekstensi ini tetap setara dengan lulusan program Reguler tersebut.
    Namun, program Ekstensi memungkinkan adanya transfer SKS dari program D3 sebelumnya serta adanya sejumlah kuliah matrikulasi.

  15. Mata Kuliah Per Semester (Silabus khusus Program Esktensi) ?
  16. Jawab:
    Tabel 2 kolom terkanan pada halaman silabus Ekstensi menunjukkan urutan semester sebaiknya kuliah tersebut diambil. Namun karena sistem SKS, mahasiswa boleh mengambil tanpa mengikuti urutan tersebut asalkan kuliah yang menjadi prasyarat telah diambil terlebih dahulu dari kuliah yang memprasyaratkannya.
    Namun, manajemen akademik merekomendasikan mahasiswa mengikutinya sesuai dengan urutan tersebut demi menghindari terjadinya bentrok jadwal kuliah yang diambil. Kuliah Pilihan diambil sesuai dengan kuliah pilihan yang ditawarkan pada semester tsb.

  17. Bagaimana ketentuan untuk transfer kredit dari D3 sebelumnya?
  18. Jawab:
    Panitia Evaluasi Transfer SKS mengevaluasi selain transkrip (judul kuliah, jumlah SKS dan nilai yang diperoleh), juga pengalaman kerja mahasiswa ybs, informasi track record dari mahasiswa yang berasal dari program D3 yang sama, serta informasi lain yang bisa membantu.

  19. Kuliah apa yang bisa ditransfer?
  20. Jawab:
    Panitia Evaluasi Transfer SKS mengacu pada Panduan Kurikulum untuk menentukan kuliah mana yang terpenuhi dan kuliah matrikulasi mana yang perlu ditambahi. Total SKS yang diakui oleh Panitia Evaluasi Transfer akan ditransfer secara blok (tanpa memerinci nilai di dalamnya) dan setelah lulus nanti transkrip program ekstensi hanya menyebutkan jumlah SKS tersebut dengan mengacu pada transkrip program D3.

  21. Apa yang dimaksud dengan perkuliahan matrikulasi?
  22. Jawab:
    Perkuliahan matrikulasi adalah perkuliahan tambahan yang diambil dariTabel 4 Silabus seandainya transfer SKS tidak dapat mencapai maksimum (72 SKS). Kuliah-kuliah yang termasuk matrikulasi adalah sejumlah kuliah yang fundamental yang diperlukan untuk menunjang perkuliahan selanjutnya serta pantas dikuasai oleh sarjana S1 Program Studi Sistem Informasi sesuai kurikulum Sistem Informasi Reguler. Kuliah matrikulasi mana yang harus diikuti akan diputuskan oleh Panitia Evaluasi Transfer SKS.

  23. Apabila ada mata kuliah di Ekstensi SI yang sama dengan mata kuliah yg pernah diambil di D3 apakah bisa ditransfer kreditnya?
  24. Jawab:
    Transfer hanya dilakukan sesuai dengan kuliah-kuliah di Silabus (Panduan kurikulum).

  25. Bagaimana dengan syarat pengalaman kerja minimum 2 tahun? Apabila calon mahasiswa yg bersangkutan memiliki pengalaman kerja 1 tahun atau kurang dari 2 tahun apakah masih bisa ditolerir?
  26. Jawab:
    pengalaman kerja memang disyaratkan minimal 2 tahun tetapi tidak harus berupa pengalaman kerja formal (bekerja di perusahaan resmi). Pengalaman berwiraswasta atau bekerja di tempat kerja informal bisa digunakan untuk memenuhi prasyarat ini sejauh masih cukup terkait dengan SI/TI. Untuk itu calon akan diminta untuk membuat personal statement atau Surat Pernyataan yang ditandatangani dan dilengkapi meterai sesuai nilai meterai yang berlaku.

  27. Untuk background jurusan D3 Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi apakah bisa melanjutkan ke Ekstensi Fasilkom UI?
  28. Jawab:
    Seperti yang dijelaskan dalam pertanyaan di atas, background yang terlalu jauh dapat menyebabkan minimnya jumlah transfer SKS yang berakibat tidak terpenuhinya jumlah transfer minimum 54 SKS. Selama transfer tersebut memenuhi transfer minimum tentu bisa melanjutkan ke program ini. Untuk itu disarankan mengirimkan transkrip (lebih baik lengkap dengan silabus kuliah) agar bisa diinformasikan lebih lanjut kemungkinan program studi D3 ybs untuk melanjutkan ke program ini.

  29. Bagaimana prospek karir lulusan program Sarjana Ekstensi?
  30. Jawab:
    Dengan peningkatan kompetensi dari D3 menjadi S1 diharapkan lulusan untuk bisa mengisi kebutuhan tenaga kerja lulusan kualifikasi S1 dalam bidang SI/TI yang masih belum terisi sepenuhnya.

    Menurut survei yang dilakukan secara berkala, sebagian besar lulusan Fasilkom UI bekerja di dalam maupun luar negeri di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang konsultan IT, perbankan, industri perangkat lunak dan jasa lainnya. Sebagian lainnya bekerja di institusi pemerintahan/ perguruan tinggi, atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3) di dalam dan luar negeri. Beberapa posisi yang ditempati antara lain: system analyst, IT manager , peneliti, web developer, database administrator, network administrator, dan software engineer.