Reguler dan Paralel Ilmu Komputer

Pendahuluan

Dalam dekade terakhir ini, perkembangan Ilmu dan Teknologi Komputer dan Informasi berlangsung sangat pesat. Ilmu Komputer/Informatika merupakan salah satu disiplin ilmu yang memicu inovasi berbagai teknologi baru, seperti teknologi multimedia dan internet, yang mentransformasi kehidupan manusia.

Program Studi Ilmu Komputer/Informatika di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/sederajat yang terbaik untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Ilmu Komputer pada tingkat sarjana (S1). Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi.

Dengan pengalamannya selama 20 tahun, Program Studi Ilmu Komputer/Informatika Fasilkom UI telah diakui kemampuan dan kualitasnya dalam memberikan pendidikan tingkat sarjana di bidang Ilmu Komputer/Informatika.

Program S1 Paralel Ilmu Komputer

Program S1 Kelas Paralel Ilmu Komputer memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/ sederajat dengan tidak mengenal pembatasan tahun kelulusan SMA/sederajat.

Biaya pendidikan S1 kelas Paralel yakni membayar penuh sesuai dengan biaya yang tercantum. Mahasiswa s1 kelas Paralel tidak memiliki hak mengajukan fasilitas beasiswa dan Sistem Biaya Pendidikan Berkeadilan pada program ini.

Lama Studi

Pendidikan tingkat sarjana (S1) di Fasilkom UI mencakup perkuliahan sejumlah 144 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S.Kom) setelah memperoleh minimum 144 sks sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan. Ditawarkan juga pilihan bagi yang berminat untuk melakukan proyek akhir atau skripsi sebagai tugas akhir kuliah.

Penerimaan

Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, selengkapnya dapat dilihat pada www.simak.ui.ac.id. Informasi pendaftaran online calon mahasiswa baru, selengkapnya dapat mengacu pada www.penerimaan.ui.ac.id

Profil Lulusan

Para lulusan S1 Fasilkom UI diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga ahli di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 90% dari lulusan Program Studi Ilmu Komputer mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan setelah kelulusannya.

Menurut survei yang dilakukan secara berkala, sebagian besar lulusan Fasilkom UI bekerja di dalam maupun luar negeri di berbagai perusahaan nasional dan multinasional yang bergerak di bidang konsultan IT, perbankan, industri perangkat lunak dan jasa lainnya. Sebagian lainnya bekerja di institusi pemerintahan/ perguruan tinggi, atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3) di dalam dan luar negeri. Beberapa posisi yang ditempati antara lain: system analyst, IT manager , peneliti, web developer, database administrator, network administrator, dan software engineer.

Download Brosur

Download Biaya Pendidikan

UI Digital Catalog – Program Studi Reguler Ilmu Komputer dan Paralel Ilmu Komputer

Kurikulum

Program Studi Ilmu Komputer/Informatika menawarkan keseimbangan antara fondasi keilmuan yang kokoh dan keterampilan professional dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Fondasi Ilmu Komputer yang diberikan meliputi algoritma dan pemrograman, matematika diskret, basis data, sistem operasi, jaringan komputer, arsitektur komputer, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, perancangan dan pemrograman web, serta sistem cerdas.

Untuk pengembangan keterampilan profesional, Program Studi Ilmu Komputer/Informatika menawarkan berbagai mata kuliah terapan (hard skills) yang dapat digolongkan ke dalam beberapa peminatan:

  • Bidang minat Komputasi Ilmiah, meliputi : pengolahan citra, machine learning , komputasi numerik linear dan nonlinear.
  • Bidang minat Teknologi Perangkat Lunak, meliputi: kriptografi dan keamanan informasi, sistem interaksi, metode formal dan teknik kompilator.
  • Bidang minat Arsitektur Komputer dan Embedded Systems , meliputi: mikroelektronika, rancangan sistem digital, embedded systems, dan real-time systems.

Di samping itu, dalam proses belajar-mengajar , dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills , yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika profesi. Kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Ilmu Komputer/Informatika dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain.

Pada semester pertama, setiap mahasiswa diharuskan mengambil semua mata kuliah yang sudah ditentukan. Setiap semester selanjutnya, jumlah maksimum Satuan Kredit Semester (SKS) yang dapat diambil seorang mahasiswa ditentukan oleh prestasi mahasiswa tersebut pada semester sebelumnya. Mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik dapat mengajukan permintaan pada pembimbing akademiknya untuk dapat mengikuti kuliah-kuliah dengan jumlah sks yang melebihi jumlah sks yang telah ditentukan untuk tiap semester.

Kurikulum ini dirancang untuk dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester (4 tahun). Mata kuliah yang diberikan dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok berikut ini:

No
Kelompok Mata Kuliah
SKS
Keterangan
1 Wajib UI 18 Mata kuliah yang wajib diambil oleh seluruh mahasiswa Sarjana UI
2 Wajib Rumpun 5 Mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa yang berada pada satu rumpun tertentu (Sains&Teknologi, Sosial Humaniora, atau Kesehatan)
3 Wajib Fakultas 43 Mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Fasilkom UI
4 Wajib Program Studi 47 Mata kuliah yang harus diambil oleh seluruh mahasiswa dalam satu program studi tertentu
5 Pilihan Bidang Minat 21 Mata kuliah yang dapat diambil mahasiswa sesuai dengan minatnya
6 Pilihan Lain 10 Mata kuliah untuk menambah wawasan di luar bidang keilmuan mahasiswa
Jumlah Minimum 144

Semua matakuliah wajib UI, wajib rumpun, wajib fakultas, wajib program studi, pilihan bidang minat dan pilihan lain yang diambil harus disesuaikan sehingga jumlah minimum total SKS menjadi 144 sks.

Detail mengenai kelompok mata kuliah dan rencana kuliah per semester dapat dilihat di Panduan Kurikulum 2010.

FAQ

  1. Apakah perbedaan antara Sistem Informasi, Ilmu Komputer/Teknik Informatika, dan Teknik Komputer?

Sistem Informasi

Program Sistem Informasi lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien. Perspektif bidang ilmu ini lebih memandang teknologi sebagai instrumen untuk mencatat, menghasilkan, mengolah, serta mendistribusikan informasi. Ahli-ahli di bidang ini memiliki kemampuan untuk memetakan kebutuhan informasi sebuah organisasi, dan menentukan cara terbaik teknologi informasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selain penguasaan aspek teknologi informasi, seorang pakar sistem informasi juga harus memahami prinsip-prinsip manajemen dan bisnis. Sebagai konsekuensinya, kurikulum di bidang sistem informasi juga mencakup materi mengenai kerangka bisnis dan manajemen, di samping penguasaan teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Lulusan dari program ini memiliki keahlian yang sangat dibutuhkan industri saat ini, di mana pemanfaatan teknologi informasi sering menjadi kunci keunggulan sebuah organisasi.

Ilmu Komputer/Teknik Informatika

Program yang berjudul Ilmu Komputer dan Teknik Informatika pada dasarnya adalah program yang sama. Cakupannya cukup luas, mulai dari fondasi teoritis mengenai perancangan algoritma, yaitu konsep dasar yang melandasi pengembangan perangkat lunak, sampai kepada penerapan mutakhir berupa aplikasi robotika, kecerdasan buatan, bio-informatika, dan topik-topik menarik lainnya.

Fokus kurikulum Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seringkali lebih ilmiah dan teoritis, dan cukup banyak mengandung unsur matematika dan logika.

Seorang lulusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak yang canggih untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit. Mereka jugalah yang senantiasa menemukan inovasi baru di bidang ilmu komputer. Sebagai contoh, saat ini kita sudah mengenal baik fasilitas Internet dan World Wide Web, yang tidak akan terwujud tanpa kemajuan di sub-bidang ilmu komputer seperti jaringan komputer (computer networking), basis data (database), serta interaksi manusia komputer. Saat ini, ilmuwan komputer menggunakan teknologi komputer untuk pengembangan robot yang cerdas, pemodelan DNA manusia, serta pembuatan program yang dapat memahami berbagai data dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun video.

Teknik Komputer

Program ini berfokus pada perancangan dan pembangunan komputer dan sistem berbasis komputer. Topik yang dipelajari adalah perangkat keras, perangkat lunak, sistem komunikasi, serta interaksi antara semua elemen tersebut. Sistem pendidikannya biasanya lebih banyak menganut pendekatan rekayasa/terapan (engineering) daripada ilmiah (science).

Mahasiswa pada program Teknik/Teknologi Komputer lebih banyak mempelajari perancangan sistem perangkat keras dijital, termasuk komputer dan sistem telekomunikasi. Perangkat lunak tetap dipelajari,namun fokusnya terletak pada interaksinya dengan perangkat keras.

Sebuah sub-bidang yang cukup banyak diminati di Teknik/Teknologi Komputer adalah sistem tertanam (Embedded Systems), yaitu pengembangan perangkat selain komputer yang sebetulnya memiliki sistem perangkat keras maupun lunak ‘tertanam’ di dalamnya, misalnya telepon seluler, sensor dan peralatan medis, dan lain-lain.

  1. Ada berapa program studi di Fakultas Ilmu Komputer UI untuk Program Sarjana Reguler?

Fasilkom UI memiliki 2 (dua) program studi untuk jenjang Sarjana Reguler yaitu Program Studi Ilmu Komputer dan Program Studi Sistem Informasi. Program Studi Ilmu Komputer berfokus pada pengembangan algoritma advance dalam perangkat lunak, sehingga banyak melibatkan riset yang terkait dengan dasar matematika dan algoritma-algoritma penunjangnya.
Sedangkan Program Studi Sistem Informasi berfokus pada pengembangan kompetensi untuk penerapan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi pada suatu organisasi. Program Studi Sistem Informasi memadukan kompetensi di bidang Teknologi Informasi, Manajemen dan Bisnis.

  1. Apa saja jalur penerimaan / seleksi masuk Program Studi tersebut?
    • Jalur Penerimaan UI (SIMAK, yang diadakan pada bulan Januari – Maret.
    • Registrasi online dapat dilakukan melalui http://penerimaan.ui.ac.id
    • Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMBPTN), yang diadakan pada bulan Februari – Juni.
    • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN), Juni – Agustus.
    • Jalur Kompetitif, April – Mei.
    • Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB)
    • Program Kerja Sama Daerah dan Industri (KSDI), April – Mei.
  1. Apakah penderita buta warna boleh mendaftar?

Ya, penderita buta warna boleh mendaftar ke Program Studi Ilmu Komputer maupun Sistem Informasi

  1. Berapa kuota masing-masing Program Studi?

Daya tampung masing-masing program studi dapat dilihat di sini.

  1. Apakah tersedia beasiswa bagi mahasiswa Reguler yang diterima?

Ya, UI menyediakan berbagai macam beasiswa bagi mahasiswa S1 Reguler, mulai dari pengurangan biaya admission fee dan BOP sampai dengan beasiswa biaya hidup selama semua persyaratan dipenuhi.

  1. Apakah ada sistem pencicilan untuk biaya kuliah?

Ya. UI memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk mencicil biaya tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

  1. Apakah ada keringanan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu? ?

Ya, selama mahasiswa melengkapi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia.

  1. Berapa lama masa studi untuk Program Sarjana?

Normalnya, mahasiswa bisa menyelesaikan studi di Fasilkom UI dalam waktu 8 semester. Akan tetapi mahasiswa juga bisa menyelesaikan studi dalam waktu yang lebih pendek maupun lebih lama, tergantung prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

  1. Apakah Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?

Fasilkom UI tidak menerima mahasiswa pindahan. Setiap mahasiswa harus mengikuti ujian masuk Universitas Indonesia sebagaimana mahasiswa baru. Namun mata kuliah yang pernah diambil dan memiliki padanan dengan mata kuliah yang akan diambil, dapat diusulkan untuk ditransfer. Kewenangan apakah suatu kuliah dapat ditransfer atau tidak adalah kewenangan UI.

  1. Apakah program sarjana reguler ini sudah terakreditasi?

Program Studi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Fasilkom UI sudah terakreditasi A