Pusilkom UI

Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) didirikan pada tahun 1972. Latar belakang pembentukan Pusilkom UI yaitu mengembangkan kompetensi civitas academica Universitas Indonesia di bidang ilmu komputer. Sejak pembentukannya, Pusilkom-UI telah berpartisipasi dalam mengembangkan ilmu komputer baik di dunia akademis, pemerintahan maupun di dunia bisnis/industri.

Tahun 1986, Pusilkom-UI terpilih menjadi Inter-University Center untuk bidang ilmu komputer dalam proyek pengembangan penelitian di perguruan tinggi yang didanai oleh Bank Dunia. Hal ini menunjukkan pengakuan akan kompetensi yang dimiliki Pusilkom-UI di bidang Ilmu Komputer. Tahun 2005, di era Universitas Indonesia sebagai BHMN, status Pusilkom-UI direposisi menjadi unit usaha akademis di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (Fasilkom-UI). Sebagai unit usaha akademis dengan dukungan civitas academica Fasilkom-UI yang kompetensinya di bidang ilmu komputer tidak diragukan lagi, Pusilkom-UI berkonsentrasi pada penyediaan layanan di bidang teknologi informasi kepada kalangan industri/bisnis/pemerintah di Indonesia.

Selengkapnya mengenai unit usaha Pusilkom UI dan layanannya, dapat diakses pada website Pusilkom UI (http://www.pusilkom.ui.ac.id)