Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Elin Cahyaningsih

Selasa (10/1) Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdri. Elin Cahyaningsih, bertempat di Aula Fasilkom UI Depok. Sidang promosi yang diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. tersebut mengusung judul disertasi Model dan Startegi Penerapan Manajemen Pengetahuan dalam Pengelolaan Aparatur Sipil Negara di Indonesia.

Pada penelitian program Doktornya, Ibu Elin memfokuskan penelitian kepada implementasi manajemen pengetahuan (Knowledge Management) di Kementerian dan Lembaga Pemerintah. Penelitian ini bertujuan unuk mengembangkan model manajemen pengetahuan yang disebut dengan NUSANTARA (Government Human Capital Knowledge Management of Republic Indonesia). NUSANTARA berperan untuk mengintegrasikan pengetahuan pengelolaan Aparatur Sipil Negara yang berada di Kementerian dan Lembaga pengelola ASN ke dalam suatu sistem. Model NUSANTARA dibangun dengan mengidentifikasi isu strategi penerapan model manajemen pengetahuan dan melakukan validasi model oleh pakar di bidang pengelolaan SN. Hasil penelitian menyebutkan bahwa model yang dibangun terdiri dari 8 komponen berupa layer dan strategi, serta roadmap penerapan manajemen pengetahuan terbagi menjadi people, process dan technology.

Sidang promosi dipromotori oleh Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy dan Dana Indra Sensuse, Ph.D. sebagai Ko-promotor. Turut menghadirkan penguji sidang antara lain: Dr. Bima Haria Wibisana M.SIS., Dr. Eko K. Budiardjo, Betty Purwandari, Ph.D., Yudho Giri Sucahyo, Ph.D, dan Dr. Indra Budi. Dengan mendapatkan yudisium Cumlaude, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Elin Cahyaningsih. Sebagai lulusan ke-61, Dr. Elin telah mempresentasikan hasil disertasinya dengan sangat baik.