Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Arif Budiman

Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Arif Budiman. Dengan judul disertasi Adaptive Parallel ELM with Convolutional Features for Big Stream Data, sidang promosi dilaksanakan pada 12 Januari 2017 di kampus UI Depok dan diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D.

Di era big data saat ini, diakui oleh peneliti bahwa tantangan yang sering muncul antara lain: jumlah, kecepatan, ragam,variabilitas, dan kompleksitas data yang membutuhkan rancangan mesin pembelajaran khusus. Tantangan  tersebut , secara hubungannya, terbagi menjadi 2 masalah yaitu masalah konsep (concept drift) dan masalah skalabilitas. Maka dalam disertasi ini, peneliti memperkenalkan pendekatan integrasi baru dari jaringan syaraf konvolusi (CNN) dengan mesin pembelajaran ekstrem (ELM) sebagai solusi untuk kedua masalah tersebut. CNNELM Adaptif (ACNNELM) digunakan untuk menyelasaikan masalah pergeseran konsep dengan mengintegrasikan CNN dan ELM memanfaatkan kemampuan adaptif. Sedangkan untuk solusi masalah skalabilitas, Distributed averaging CNNELM bekerja berdasarkan kepada konsep skalabilitas menyebar Memetakan-Mengurangi (MapReduce). Selain itu, peneliti juga berhasil mengembangkan Deep Leaning toolbox dengan tambahan perbaikan pada CPU paralel dan Matconvnet dengan GPU untuk mendemonstrasikan metode CNNELM.

Hasil disertasi dipresentasikan dengan baik oleh Bpk. Arif yang menunjukkan peningkatan kemampuan terhadap kedua masalah dalam penelitiannya. Sidang promosi ini dipromotori oleh Prof. T. Basaruddin, Ph.D. dan Mohamad Ivan Fanany, Ph.D. sebagai ko-promotor. Turut mengundang penguji antara lain: Dr. Agus Buono, Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy., Wahyu Catur Wibowo, Ph.D., Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, dan Dr. Ade Azurat. Sebagai lulusan ke-63 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Arif Budiman dengan yudisium Sangat Memuaskan.