Program S2-Double Degree

Magister Ilmu Komputer

Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI) bekerjasama dengan Queensland University (Australia) dan RMIT University (Australia), membuka kesempatan untuk double-degree program Master (S2). Program ini diselenggarakan dengan skema: tahun pertama perkuliahan di universitas dalam negeri dan tahun kedua di universitas-partner di luar negeri. Mahasiswa akan memperoleh dua gelar (dari Fasilkom UI dan Universitas Partner)

Program S2 yang ditawarkan oleh Fasilkom UI yaitu :

Program S2 yang ditawarkan oleh Universitas Partner :

(1) Queensland University (UQ), Australia

Master of Information Sytem. Informasi selengkapnya di :

http://www.uq.edu.au/study/program.html?acad_prog=5033

Master Of Computer Science. Informasi selengkapnya di :

http://www.uq.edu.au/study/program.html?acad_prog=5519#australian

(2) Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT), Australia

Master of Information Technology

http://www.rmit.edu.au/study-with-us/levels-of-study/postgraduate-study/masters-by-coursework/mc208/#pageId=overview

Master of Computer Science

http://www.rmit.edu.au/study-with-us/levels-of-study/postgraduate-study/masters-by-coursework/mc061/#pageId=overview

Master of Business (Information Systems)

http://www.rmit.edu.au/study-with-us/levels-of-study/research-programs/masters-by-research/mr201/#pageId=overview

Mekanisme Program S2-Double Degree

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran online SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) di www.penerimaan.ui.ac.id dan memilih program S2 Fasilkom UI yang akan ditempuh (S2-MIK atau S2-MTI). Panduan selengkapnya tentang pendaftaran dan jadwal penerimaan mahasiswa baru, tersedia pada website penerimaan UI. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : Seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris.

Setelah diterima dan lolos seleksi di program S2 Fasilkom UI, mahasiswa ybs dapat mengajukan ke Ketua Program Studi untuk rencana program S2-Double Degree ke universitas partner. Pendaftaran ke universitas partner dilakukan secara online sesuai informasi dan panduan pada website universitas partner. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : seleksi administrasi dan nilai TOEFL/ IELTS.

Pembiayaan dan Kesempatan Beasiswa

Pembiayaan untuk studi S2-Double Degree dapat dilakukan dengan pendanaan sendiri oleh mahasiswa maupun melalui dukungan beasiswa. Mahasiswa dapat secara mandiri mencari dukungan beasiswa untuk rencana S2-Double Degree nya melalui Program Beasiswa yang disediakan oleh Lembaga-Lembaga Penyelenggara Beasiswa (seperti misalnya : beasiswa LPDP, beasiswa DIKTI, beasiswa AAS – Australia Awards Scholarships) maupun beasiswa lainnya.

*Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : akademik@cs.ui.ac.id

Magister Teknologi Informasi

MTI UI bekerjasama dengan beberapa partner di luar negeri, membuka kesempatan untuk double-degree program Master (S2). Program ini diselenggarakan dengan skema : tahun pertama perkuliahan di MTI UI dan tahun kedua di universitas partner di luar negeri.   Mahasiswa akan memperoleh dua gelar (dari Fasilkom UI dan Universitas Partner).

Program S2 yang ditawarkan oleh Fasilkom UI yaitu :

Saat ini terdapat beberapa partner double degree dari MTI UI yaitu :

(1) RMIT University (Australia)

Master of Computer Science

http://www.rmit.edu.au/study-with-us/levels-of-study/postgraduate-study/masters-by-coursework/mc061/#pageId=overview

(2) National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

Department of Information Management

http://www.cs.ntust.edu.tw/

Saat ini MTI UI sedang melakukan penjajakan kerjasama double degree dengan partner lainnya di Australia dan Eropa.

Mekanisme Program S2-Double Degree

Calon mahasiswa melakukan pendaftaran online SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) di www.penerimaan.ui.ac.id dan memilih program S2 Fasilkom UI yang akan ditempuh (S2-MTI). Panduan selengkapnya tentang pendaftaran dan jadwal penerimaan mahasiswa baru, tersedia pada website penerimaan UI. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : Seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik, Tes Bahasa Inggris.

Setelah diterima dan lolos seleksi di program S2 Fasilkom UI, mahasiswa ybs dapat mengajukan ke Ketua Program Studi untuk rencana program S2-Double Degree ke universitas partner.  Pendaftaran ke universitas partner dilakukan secara online sesuai informasi dan panduan pada website universitas partner. Pelaksanaan seleksi terdiri dari : seleksi administrasi dan nilai TOEFL/ IELTS.

Pembiayaan dan Kesempatan Beasiswa

Pembiayaan untuk studi S2-Double Degree dapat dilakukan dengan pendanaan sendiri oleh mahasiswa maupun melalui dukungan beasiswa. Mahasiswa dapat secara mandiri mencari dukungan beasiswa untuk rencana S2-Double Degree nya melalui Program Beasiswa yang disediakan oleh Lembaga-Lembaga Penyelenggara Beasiswa (seperti misalnya : beasiswa LPDP, beasiswa DIKTI, beasiswa AAS – Australia Awards Scholarships), Universitas partner (seperti yang diberikan oleh NTUST),  maupun beasiswa lainnya.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : humasfasilkom@cs.ui.ac.id