Perbedaan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi

Ilmu Komputer

  • Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi.
  • Mencakup informasi yang luas mulai dari fondasi teoritis bagaimana komputer bekerja secara menyeluruh.
  • Merancang pemrograman yang menjadi dasar pengembangan software hingga pemutakhiran aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, bioinformatika, pengolahan informasi multimedia, keamanan jaringan, data mining, pengolahan big data/data science, dsb

Sistem Informasi

  • Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi.
  • Mencakup fondasi bidang bisnis yang terdiri dari administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen sistem inofmrasi, sistem informasi akuntansi, sistem-sistem perusahaan, pemrograman skala perusahaan, dsb.

Poster Perbedaan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi dapat diunduh DISINI

 

Perbedaan Program Reguler dan Program Paralel

(Sumber: http://simak.ui.ac.id/tentang-simak.html)

S1 Reguler adalah program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/SMK/MA/sederajat dengan batasan usia ijasah maksimal 3 tahun kelulusan pada saat pendaftaran. Contohnya: pendaftaran 2016 untuk lulusan 2016, 2015, 2014. Lulusan S1 reguler akan mendapat gelar jenjang Kesarjanaan Strata 1 sesuai bidang ilmu yang ditempuh.

S1 Paralel memiliki dua jenis kelas:

  • S1 paralel untuk lulusan SMA/SMK/MA/sederajat, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini hanya melalui SIMAK UI.

S1 Paralel untuk lulusan D3, yakni program pendidikan jenjang sarjana yang menerima lulusan D3 tanpa batasan usia ijasah. Jalur masuk program ini melalui SIMAK-Ekstensi.