Magister Teknologi Informasi

Pendahuluan

Selama dekade terakhir ini, bidang Teknologi Informasi (TI) telah berkembang sangat pesat. Saat ini peranan TI menjadi urat nadi organisasi modern dalam melakukan operasi dan manajemen bisnis. Secara khusus kecenderungan ini melahirkan suatu kebutuhan akan sumber daya manusia untuk membangun dan mengelola TI.

.

Program Magister Teknologi Informasi (SK DIKTI No.2006/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005) di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI), dirancang untuk mengisi kesenjangan dari kebutuhan dunia industri dan bisnis untuk tenaga profesional dengan keahlian dalam bidang TI.

Karakteristik Program MTI-UI
Penekanan pada kemampuan integrasi yang kuat antara penerapan TI dengan pengetahuan yang dalam mengenai manajemen dan strategi organisasi.
Berkembangnya berbagai karakteristik keahlian dalam bidang TI yang perlu pengkajian lebih mendalam yang terkait dengan berbagai sektor bisnis dan industri.

Persyaratan Akademik
Calon mahasiswa MTI-UI harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut:

  1. Lulusan S-1 dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Lulus Ujian Saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik (Quantitative Aptitude Test) dan Bahasa Inggris (Grammar; Vocabulary; Reading)

Lama Studi

Jumlah satuan kredit semester (SKS) yang harus diselesaikan adalah minimal 41 SKS. Mayoritas mahasiswa MTI-UI berhasil menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 3-4 semester. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan pada malam hari (kelas malam). Kelas siang hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester Gasal).

Penerimaan
Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, selengkapnya dapat dilihat pada www.simak.ui.ac.id. Informasi pendaftaran online calon mahasiswa baru, selengkapnya dapat mengacu pada www.penerimaan.ui.ac.id

Profil Lulusan
Lulusan program MTI-UI diharapkan mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang TI, untuk membina karir sebagai manajer atau CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi atau perusahaan yang akan memanfaatkan TI secara ekstensif.

Kompetensi dan kemampuan yang menjadi sasaranprogram MTI-UI adalah:

  • Intisari pengetahuan dan keahlian dalam bidang TI.
  • Integrasi TI dalam fungsi dan dasar bisnis /organisasi dan dukungan padakarir.
  • Kemampuan analisa dan pemikiran kritis .
  • Kemampuan komunikasi, interpersonaldan bekerja dalam tim dalam lingkup bisnis /organisasi.

Program Dual Mode

MTI-UI juga membuka program dual mode yang bekerjasama dengan local partner di daerah. Beberapa program dual mode yang pernah/sedang berjalan antara lain dengan Fakultas Sains & Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim (Riau), STMIK Mikroskil (Medan), STMIK Multi Data (Palembang), STMIK Darmajaya (Bandar Lampung), dan PT. Mitrais (Bali), Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (Malang), Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (Jayapura), Universitas Dehasen (Bengkulu), Universitas Pembangunan Nasional (Surabaya).

Penyelenggaraan program dual mode akan dilaksanakan apabila jumlah mahasiswa yang mendaftar memenuhi kuota minimal yang dipersyaratkan. Peserta yang hendak mengikuti program ini juga harus mengikuti prosedur pendaftaran yang berlaku di Universitas Indonesia serta lulus seleksi masuk UI. Peserta juga diharuskan mendaftar pada local partner .
Download Brosur

Download Academic Guidelines

Download Biaya Pendidikan

Beasiswa Program Mti Gcio

Kurikulum

Kurikulum dirancang untuk mendukung bidang pekerjaan dalam lingkup manajemen TI (seperti perencanaan TI/SI, penerapan TI, pengelolaan TI, pengembangan perangkat lunak, dan sebagainya) maupun kesempatan karir pada bidang yang relatif baru (seperti konsultasi dan integrasi sistem, infrastruktur jaringan, e-business, IT Governance, dan sebagainya). Persiapan karir (career tracks) didukung oleh kewajiban untuk pendalaman dan spesialisasi TI melalui Karya Akhir.

Kurikulum Magister Teknologi Informasi Universitas Indonesia dibangun oleh dua elemen utama:

  • Intisari Teknologi Informasi (ITCore) : yang bertujuan untuk memberikan kompetensi dan keahlian kepada peserta dalam bidang TI. Mata kuliah yang menunjangkompetensi ini diberikan pada Semester 1 dan 2.
  • Integrasi Sistem dan Pengarahan Karir (System Integration and Career Tracks) : yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan untuk melakukan sintesa mengenai apa yang telah di pelajari. Kuliah-kuliah pada bagian ini merupakan kuliah pilihan untuk mendukung minat dan karir dari peserta program.

Mata kuliah pilihan diberikan pada semester 3 (tiga) yang meliputi 4 (empat) bidang minat, yaitu:

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem Enterprise
  • Tata Kelola
  • Manajemen Informasi

Di akhir program, para peserta diwajibkan untuk membuat sebuah Karya Akhir.

Berikut tabel rangkuman kurikulum Program Magister Teknologi Informasi:

Detail mengenai kelompok mata kuliah dan rencana kuliah per semester dapat dilihat di Panduan Kurikulum MTI.

FAQ

  1. Berapa program Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI?
  2. Ada tiga program studi Pasca Sarjana yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komputer UI, yaitu dua program studi pada jenjang Magister dan satu program studi pada jenjang Doktor.

    1. Program Magister Teknologi Informasi (MTI)
    2. Program Magister Ilmu Komputer (MIK)
    3. Program Doktor Ilmu Komputer(DIK)

  3. Apa saja jalur penerimaan/seleksi masuk program Pasca Sarjana?
  4. Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer UI hanya menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

  5. Kapan biasanya masa penerimaan program pascasarjana?
  6. Penerimaan mahasiswa di program Pasca Sarjana dilakukan di tiap semester. Untuk penerimaan semester Gasal, ujian masuk dilakukan dalam dua gelombang. Masa pendaftaran gelombang pertama biasanya dilakukan pada bulan Januari – Maret. Masa pendaftaran gelombang kedua biasanya dilakukan pada bulan Juni – Juli. Sedangkan untuk penerimaan semester Genap, pendaftaran dilakukan hanya melalui satu gelombang saja dan dilakukan sekitar bulan Oktober – November. Silahkan pantau situs penerimaan UI http://penerimaan.ui.ac.id pada masa-masa tersebut.

  7. Apa perbedaan antara program Magister Ilmu Komputer dan Magister Teknologi Informasi?
  8. Program Magister Ilmu Komputer (MIK) berfokus pada pengembangan keilmuan di bidang ilmu komputer yang meliputi juga teknologi informasi, rekayasa perangkat lunak, serta sistem informasi. Program ini sangat berorientasi riset, dan setiap mahasiswa MIK akan terafiliasi dengan salah satu lab riset di Fasilkom UI ( lihat di sini ) dan terlibat dalam penelitian melalui proyek tesis.
    Program Magister Teknologi Informasi (MTI) berorientasi pada profesi ahli teknologi informasi, dan membekali mahasiswa dengan ilmu teoritis maupun praktis mengenai perkembangan mutakhir di bidang teknologi informasi. Mayoritas tenaga pengajar memiliki pengalaman industri TI yang sangat kaya. Fokus pendidikan terletak pada pengembangan kemampuan dan kapabilitas manajerial di bidang TI, dan sangat mendukung karir di industri teknologi informasi dan komunikasi.

  9. Berapa kuota penerimaan masing-masing Program Pasca Sarjana Fasilkom UI?
  10. Daya tampung per semester untuk program studi MTI adalah 80 mahasiswa.

  11. Di mana lokasi perkuliahannya?
  12. Perkuliahan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) dilakukan di Salemba.
    Selain itu, Fasilkom UI juga menyelenggarakan perkuliahan Dual Mode dengan beberapa institusi mitra di daerah-daerah tertentu.

  13. Apakah ditawarkan kelas eksekutif/Kelas Sabtu-Minggu?
  14. Tidak ada.

  15. Apakah yang dimaksud dengan Kelas Dual Mode?
  16. Kelas Dual Mode merupakan program pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan bantuan Teknologi Informasi. Perkuliahan dilakukan dengan mengkombinasikan antara tatap muka dan belajar mandiri melalui e-Learning. Kegiatan tatap muka dilakukan secara langsung (face-to-face) maupun dengan bantuan video conference. Untuk mengikuti program ini, peserta harus mendaftar ke local partner dari Fakultas Ilmu Komputer UI.

  17. Perguruan tinggi mana saja yang menjadi mitra di daerah (local partner) untuk program Dual Mode?
  18. Perguruan tinggi yang menjadi local partner di daerah antara lain: Fakultas Sains & Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim (Riau), STMIK Mikroskil (Medan), STMIK Multi Data (Palembang), dan STMIK Darmajaya (Bandar Lampung)., STMIK Nusa Palapa (Makasar), serta PT Mitrais (Bali).

  19. Bagaimana karir lulusan pascasarjana Fasilkom UI?
  20. Lulusan program studi Magister Teknologi Informasi (MTI) UI diharapkan mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang TI, untuk membina karir sebagai manajer atau CIO (Chief Information Officer) dalam organisasi atau perusahaan yang akan memanfaatkan TI secara ekstensif. Beberapa bidang yang menjadi lapangan kerja bagi lulusan MTI UI antara lain: IT/IS auditor, IT Manajer, CIO baik untuk swasta maupun pemerintahan, Software Engineer, IT/IS consultant, dsb.

  21. Apakah tersedia beasiswa bagi mahasiswa yang diterima?
  22. Terdapat beberapa beasiswa bagi yang diterima, khususnya untuk mereka yang berprofesi sebagai pengajar. Bagi mereka yang berasal dari jalur profesional, silahkan melihat peluang beasiswa yang diberikan beberapa instansi swasta seperti Sampoerna, dsb.

  23. Apakah ada biaya lainnya?
  24. Tidak ada.

  25. Apakah biaya pendidikan program Pasca Sarjana Fasilkom UI bisa dicicil?
  26. Ya, dapat dicicil dengan memberikan pernyataan dan surat permohonon cicilan kepada Pimpinan Fakultas.

  27. Berapa lama masa studi untuk program Pasca Sarjana?
  28. Secara normal, lama studi untuk jenjang Magister adalah 4 semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/lama tergantung dari prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

  29. Apakah program Pasca Sarjana Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?
  30. Tidak, setiap mahasiswa harus lulus terlebih melalui jalur masuk yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (SIMAK UI). Mahasiswa yang sudah pernah kuliah di Perguruan Tinggi lain bisa melakukan Transfer Kredit yang jumlahnya akan ditentukan oleh Panitia yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Komputer UI.

  31. Apakah program Pasca Sarjana Fasilkom UI ini sudah terakreditasi?
  32. Ya, sudah terakreditasi A