Magister Ilmu Komputer

Pendahuluan

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dalam bidang ilmu komputer sebagai dasar untuk melaksanakan pendidikan dan menghasilkan teknologi informasi yang bertaraf internasional.

Misi Program Studi Magister Ilmu Komputer

Mengantisipasi tantangan globalisasi dan dalam rangka berkontribusi kepada daya saing bangsa, program studi MIK mempunyai misi sebagai berikut:

  • Menghasilkan dan mempertahankan lulusan magister di bidang ilmu komputer yang memiliki landasan keilmuan yang kuat.
  • Mengembangkan pengetahuan di bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang relevan dengan kebutuhan nasional dan global melalui penelitian dan pendidikan dalam kegiatan akademik.
  • Berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui penelitian-penelitian dan pendidikan di bidang ilmu komputer dengan tetap berlandaskan moral, etika, dan budi pekerti.

Program Studi Magister Ilmu Komputer (PS MIK) yang dibuka pada tahun 1988 dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan wawasan riset bidang Ilmu Komputer sebagai kelanjutan jenjang S1 bidang Ilmu Komputer. Perkuliahan PS MIK diselenggarakan pada pagi dan siang hari di kampus Fasilkom UI Depok.

PS MIK menekankan integrasi antara pendidikan pascasarjana dan kegiatan penelitian. Mahasiswa diharapkan terlibat aktif dalam penelitian di Fakultas Ilmu Komputer UI. Kurikulum PS MIK disusun sedemikian rupa sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman penelitian dalam bidang Ilmu Komputer. Pilihan-pilihan mata kuliah diberikan supaya mahasiswa dapat menyusun program pendidikannya sesuai dengan minat penelitiannya.

Persyaratan Akademik

  • Calon berijazah sarjana (S1) di bidang Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  • Lulus sarjana dengan Indeks Prestasi tidak kurang dari 2.75 (pada skala 4.0).
  • Lulus ujian saringan di tingkat Universitas yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan bahasaInggris.

Lama Studi

Mayoritas mahasiswa S2-MIK UI berhasil menyelesaikan pendidikannya dalam waktu 3-4 semester. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di kampus UI Depok.

Penerimaan

Informasi jalur penerimaan dan jadwal penerimaan mahasiswa, selengkapnya dapat dilihat pada www.simak.ui.ac.id. Informasi pendaftaran online calon mahasiswa baru, selengkapnya dapat mengacu pada www.penerimaan.ui.ac.id

Profil Lulusan

Lulusan dari program studi Magister Ilmu Komputer (S2-MIK) ini mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki integritas kepribadian tinggi dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang Ilmu Komputer.
  • Memahami etika dalam dunia penelitian dan ilmiah.
  • Memiliki pengetahuan terkini (state of the art) dalam bidang Ilmu Komputer.
  • Terbuka dan tanggap terhadap perkembangan Ilmu Komputer.
  • Mampu dan bermotivasi dalam mengamati dan menelaah masalah pada dunia Ilmu Komputer.
  • Mampu melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah dalam memecahkan masalah pada dunia Ilmu Komputer.
  • Mampu membuat penemuan dan terobosan baru dalam pengembangan Ilmu Komputer.

Download Brosur MIK

Download Academic Guidelines

Download Biaya Pendidikan

UI Digital Catalog – Program Magister Ilmu Komputer

Kurikulum

Matrikulasi

Setelah diterima di program MIK, setiap mahasiswa baru harus mengambil sebuah Ujian Penempatan (Placement Test) yang mengevaluasi kemampuan serta pengetahuan mahasiswa pada materi-materi dasar bidang Ilmu Komputer. Berdasarkan hasil ujian ini, seorang mahasiswa baru dapat diwajibkan mengambil sebanyak-banyaknya 2 (dua) mata kuliah dari daftar berikut:

  • Sistem Operasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Organisasi Sistem Komputer
  • Struktur Data & Algoritma
  • Matematika Diskrit

Mata Kuliah MIK
Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer (PS MIK) dirancang dan disusun sedemikian rupa sehingga para mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman melakukan penelitian dalam bidang-bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan lain-lain.

Berikut rekapitulasi Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer:

No
Kelompok Mata Kuliah
SKS
Keterangan
1
Kuliah Wajib
4
Mata kuliah yang merupakan materi pokok yang wajib dikuasai oleh peneliti di bidang ilmu komputer
2
Kuliah Peminatan Dasar
10
Mata kuliah yang memperkenalkan mahasiswa kepada topik-topik yang dikembangkan di lab-lab riset, serta memungkinkan mahasiswa untuk memilih topik yang sesuai dengan minatnya
3
Kuliah Peminatan Lanjut
16
4
Tesis
10
Penyusunan dan penulisan tesis dilakukan di bawah bimbingan sekurang-kurangnya 1 (satu) dosen pembimbing, dan pada akhirnya akan diuji secara lisan oleh panitia penguji yang terdiri dari minimal 3 (tiga) orang penguji di samping dosen pembimbing tesis
Total 40

Detail mengenai kelompok mata kuliah dan rencana kuliah per semester dapat dilihat di Panduan Kurikulum MIK.

Laboratorium Riset
Penyelenggaraan program studi MIK tidaklah lepas dari kegiatan penelitian yang intensif yang berlangsung di Fakultas Ilmu Komputer UI. Adapun aktivitas riset yang berjalan tersebut dilakukan oleh delapan lab riset, yakni:

  1. Reliable Software Engineering
  2. Digital Library & Distance Learning
  3. Computer Architecture, Networking & High Performance Computing
  4. Machine Learning and Computer Vision
  5. Information Retrieval
  6. Information Management
  7. E-Government and E-Business

FAQ

  1. Berapa program Pasca Sarjana yang ditawarkan Fakultas Ilmu Komputer UI?

Ada tiga program studi Pasca Sarjana yang ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komputer UI, yaitu dua program studi pada jenjang Magister dan satu program studi pada jenjang Doktor.

  • Program Magister Teknologi Informasi (MTI)
  • Program Magister Ilmu Komputer (MIK)
  • Program Doktor Ilmu Komputer(DIK)
  1. Apa saja jalur penerimaan/seleksi masuk program Pasca Sarjana?

Program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer UI hanya menerima mahasiswa melalui jalur Seleksi Masuk UI (SIMAK UI).

  1. Kapan biasanya masa penerimaan program pascasarjana?

Penerimaan mahasiswa di program Pasca Sarjana dilakukan di tiap semester. Untuk penerimaan semester Gasal, ujian masuk dilakukan dalam dua gelombang. Masa pendaftaran gelombang pertama biasanya dilakukan pada bulan Januari – Maret. Masa pendaftaran gelombang kedua biasanya dilakukan pada bulan Juni – Juli. Sedangkan untuk penerimaan semester Genap, pendaftaran dilakukan hanya melalui satu gelombang saja dan dilakukan sekitar bulan Oktober – November. Silahkan pantau situs penerimaan UI http://penerimaan.ui.ac.id pada masa-masa tersebut.

  1. Apa perbedaan antara program Magister Ilmu Komputer dan Magister Teknologi Informasi?

Program Magister Ilmu Komputer (MIK) berfokus pada pengembangan keilmuan di bidang ilmu komputer yang meliputi juga teknologi informasi, rekayasa perangkat lunak, serta sistem informasi. Program ini sangat berorientasi riset, dan setiap mahasiswa MIK akan terafiliasi dengan salah satu lab riset di Fasilkom UI ( lihat di sini ) dan terlibat dalam penelitian melalui proyek tesis.Program Magister Teknologi Informasi (MTI) berorientasi pada profesi ahli teknologi informasi, dan membekali mahasiswa dengan ilmu teoritis maupun praktis mengenai perkembangan mutakhir di bidang teknologi informasi. Mayoritas tenaga pengajar memiliki pengalaman industri TI yang sangat kaya. Fokus pendidikan terletak pada pengembangan kemampuan dan kapabilitas manajerial di bidang TI, dan sangat mendukung karir di industri teknologi informasi dan komunikasi.

  1. Berapa kuota penerimaan masing-masing Program Pasca Sarjana Fasilkom UI?

Daya tampung per semester untuk program studi MIK adalah 30 mahasiswa.

  1. Di mana lokasi perkuliahannya?

Perkuliahan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK) dilakukan di Depok.

  1. Apakah ditawarkan kelas eksekutif/Kelas Sabtu-Minggu?

Tidak ada.

  1. Bagaimana karir lulusan pascasarjana Fasilkom UI?

Lulusan program studi Magister Ilmu Komputer (MIK UI) memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan pengembangan keilmuan di bidang TIK melalui kegiatan akademik seperti riset maupun pendidikan. Sebagian besar lulusan MIK UI menjadi dosen maupun peneliti di institusi/ perguruan tinggi. Selain itu, dengan menempuh program MIK, artinya kemampuan dan track record riset sudah mulai dikembangkan, dan hal ini membuka peluang untuk meneruskan studi doktoral (S3) di berbagai institusi terkemuka di seluruh dunia.

  1. Apakah tersedia beasiswa bagi mahasiswa yang diterima?

Terdapat beberapa beasiswa bagi yang diterima, khususnya untuk mereka yang berprofesi sebagai pengajar. Bagi mereka yang berasal dari jalur profesional, silahkan melihat peluang beasiswa yang diberikan beberapa instansi swasta seperti Sampoerna, dsb.

  1. Apakah ada biaya lainnya?

Tidak ada.

  1. Apakah biaya pendidikan program Pasca Sarjana Fasilkom UI bisa dicicil?

Ya, dapat dicicil dengan memberikan pernyataan dan surat permohonon cicilan kepada Pimpinan Fakultas.

  1. Berapa lama masa studi untuk program Pasca Sarjana?

Secara normal, lama studi untuk jenjang Magister adalah 4 semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/lama tergantung dari prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.

  1. Apakah program Pasca Sarjana Fasilkom UI menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain?

Tidak, setiap mahasiswa harus lulus terlebih melalui jalur masuk yang sudah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (SIMAK UI). Mahasiswa yang sudah pernah kuliah di Perguruan Tinggi lain bisa melakukan Transfer Kredit yang jumlahnya akan ditentukan oleh Panitia yang dibentuk oleh Fakultas Ilmu Komputer UI.

  1. Apakah program Pasca Sarjana Fasilkom UI ini sudah terakreditasi?

Ya, sudah terakreditasi A