Doktor Ilmu Komputer

Pendahuluan

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian untuk menghasilkan terobosan baru dalam pengembangan ilmu dan mampu melakukan alih pengetahuan, serta menghasilkan lulusan yang mandiri dan handal di bidang Ilmu Komputer dengan selalu mengikuti perkembangan ilmu secara global.

Misi dari Program Studi Doktor Ilmu Komputer

  • Menghasilkan pakar dalam bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang memiliki integritas tinggi dan handal dalam pengembangan ilmu komputer
  • Menghasilkan berbagai inovasi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi melalui penelitian-penelitian di bidang ilmu komputer
  • Berpartisipasi dalam meningkatkan daya saing bangsa melalui penelitian-penelitian dan pendidikan di bidang ilmu komputer dengan tetap berlandaskan moral, etika, dan budi pekerti.

Kriteria Penerimaan

Kriteria penerimaan mahasiswa DIK

  • Memperoleh persetujuan calon dosen pembimbing.
  • Lulus ujian tertulis saringan masuk Universitas yang terdiri dari TPA dan bahasa Inggris.
  • Lulus Ujian tertulis bidang ilmu dan ujian wawancara di tingkat Fakultas.
  • Kesesuaian usulan topik riset dengan kegiatan lab riset di Fasilkom UI.
  • Track record penelitian dan latar belakang akademik yang terkait dengan arah riset.
  • Komitmen waktu dan biaya untuk menyelesaikan studi DIK dengan baik.

Persyaratan Akademik

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer / informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (pada skala 4.00). Untuk pendaftar yang latar belakang pendidikan (S1 dan S2) tidak sebidang, harus mengikuti program matrikulasi terlebih dahulu selama satu atau dua semester (ditentukan oleh tim seleksi pada saat wawancara).
  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing (gunakan template terlampir ) dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar S3. Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuaian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran. Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK terlampir pada dokumen ini.

Informasi lebih rinci dari masing-masing dosen bisa dilihat di
http://www.cs.ui.ac.id/id/staf-pengajar/

Informasi mengenai lab riset di Fasilkom UI dapat dilihat di
http://www.cs.ui.ac.id/lang/id/penelitian/riset

Download persyaratan program doktor, update tanggal penting dan form persetujuan klik disini

Prosedur Administratif

Prosedur administratif untuk mendaftar ke program DIK adalah sebagai berikut:

  1. Mengikuti prosedur sistem pendaftaran online yang berlaku di UI (http://penerimaan.ui.ac.id) dan meng-upload hasil scan dokumen-dokumen berikut pada website tersebut:
    • Ijazah magister dan ijazah sarjana yang telah disahkan
    • Transkrip akademik magister dan sarjana yang telah disahkan
  2. Menyerahkan berkas tambahan dalam bentuk hardcopy (ke Sekretariat Akademik, Lt. 2, Gd. B, Kampus Depok Fasilkom UI) dan softcopy (via email ke akademik@cs.ui.ac.id):
    • Lembar Research Statement (2-3 halaman) yang berisi pernyataan minat dan motivasi riset.
    • Surat rekomendasi dari dua mantan dosen pembimbing atau atasan mengenai kemampuan akademik.
    • Surat izin dari atasan (apabila sedang bekerja).
    • CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset (template terlampir)
    • Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kewajiban pembiayaan kuliah atau pernyataan beasiswa bila mendapatkan beasiswa dari institusi.
    • Surat pernyataan kesediaan calon pembimbing dari salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer yang telah bergelar S3 (template terlampir).

Lama Studi

Lama Studi Program Doktor yaitu maksimal 10 semester.

Profil Lulusan

Dari segi keilmuan dan keprofesian, lulusan dari program studi ini diharapkan mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  • Terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, khususnya yang menyangkut ilmu komputer.
  • Mampu mengenali dan mengamati masalah-masalah di bidang Ilmu Komputer, serta melakukan pendekatan dan penalaran ilmiah untuk mencari pemecahannya.
  • Mampu mengembangkan Ilmu Komputer lebih lanjut sehingga dapat mencapai derajat akademik yang lebih tinggi.

Download Academic Guidelines

Download Biaya Pendidikan

UI Digital Catalog – Program Doktor Ilmu Komputer

Kurikulum

Kurikulum disusun sedemikian rupa sehingga para peserta akan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan pengalaman melakukan penelitian di bidang Ilmu Komputer. Jumlah satuan kredit semester (SKS) dari Program Doktor adalah 48 – 50 SKS, yang terdiri dari:

  • Kuliah Wajib (Filsafat Ilmu Pengetahuan & Metodologi Ilmu Pengetahuan) 6 SKS.
  • Kuliah Peminatan (ditentukan oleh Pembimbing) masing-masing 4 SKS, minimal sebanyak 12 SKS untuk lulusan S2 dan 44 SKS bagi lulusan S1.
  • Disertasi 32 SKS.

Berikut rekapitulasi Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Komputer:

No
Kelompok Mata Kuliah
SKS
Keterangan
1
Kuliah Wajib
6
Mata kuliah yang merupakan materi pokok yang wajib dikuasai oleh peneliti di bidang ilmu komputer
2
Kuliah Peminatan
12
Mata kuliah yang memperkenalkan mahasiswa kepada topik-topik yang dikembangkan di lab-lab riset, serta memungkinkan mahasiswa untuk memilih topik yang sesuai dengan minatnya
3
Disertasi
32
Penyusunan dan penulisan disertasi dilakukan di bawah bimbingan 1 (satu) dosen promotor (dan dosen Ko-Promotor, jika ada), merupakan kegiatan riset yang mendalam terhadap suatu topik dalam bidang ilmu komputer
Total 50

Detail mengenai kelompok mata kuliah dan rencana kuliah per semester dapat dilihat di Panduan Kurikulum DIK.

Laboratorium Riset

Penyelenggaraan program studi MIK tidaklah lepas dari kegiatan penelitian yang intensif yang berlangsung di Fakultas Ilmu Komputer UI. Adapun aktivitas riset yang berjalan tersebut dilakukan oleh sembilan lab riset, yakni:

  • Reliable Software Engineering
  • Digital Library & Distance Learning
  • Computer Architecture, Networking & High Performance Computing
  • Machine Learning and Computer Vision
  • Information Retrieval
  • Information Management
  • E-Government and E-Business

Seminar DIK

Program Doktor Ilmu Komputer (DIK) Fasilkom UI menyelenggarakan Seminar Program DIK bagi calon mahasiswa, untuk memberikan informasi dan arahan yang jelas terkait program yang akan ditempuh.Berikut adalah tautan menuju Video Presentasi tentang Seminar Program DIK (Agustus 2015), yang berisi informasi sbb :

  • Apa itu PhD?
  • Program Doktor Ilmu Komputer (DIK) UI : Kurikulum DIK, Aturan Akademik dan Riset
  • Proses Penerimaan dan Prosedur Umum
  • Persyaratan Akademik
  • Berkas-berkas yang perlu dinilai
  • Kriteria

Video Presentasi: http://seminardik2015.cs.ui.ac.id/

Program Magang Riset

Program Magang Riset merupakan program yang memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa S3 agar dapat terlibat dalam kegiatan riset di Fasilkom UI. Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan program S3 di Fasilkom UI dalam melakukan riset sehingga turut meningkatkan kualitas riset yang dihasilkan dalam bidang IT.

Melalui program magang riset ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi calon mahasiswa S3 yang ingin mengerjakan dan mempersiapkan karya risetnya lebih awal. Hal ini menjadi pertimbangan Fasilkom UI berdasarkan kebutuhan calon mahasiswa yang masih memiliki kesibukan/kewajiban lainnya misalnya dosen. Keunggulan lainnya yang didapat bila bergabung dalam program magang riset di Fasilkom UI, antara lain:

Mempercepat Masa Studi

Mempercepat masa studi terjadi pada saat peserta program magang riset menjadi mahasiswa program S3 di Fasilkom UI. Karena pada saat menjadi peserta program magang riset, mahasiswa telah mempersiapkan karya riset awal dan telah memiliki calon pembimbing riset. Dengan ini peserta telah menghemat waktu pada saat memenuhi persyaratan menjadi mahasiswa S3 di Fasilkom UI yaitu tahap mencari persetujuan calon pembimbing dan tahap penentuan topik riset (research statement).

Selain mempersiapkan karya riset, peserta program magang riset juga telah memiliki minimal satu mata kuliah yang dapat ditransfer ke program S3 Fasilkom UI dengan ketentuan akademik yang berlaku di Fasilkom UI yaitu batas waktu transfer maksimal 5 tahun dengan nilai minimal B. Mempercepat masa studi juga menjadi keuntungan dalam penggunaan beasiswa S3 secara maksimal.

Menghemat Biaya

Dapat menghemat biaya kuliah karena peserta cukup membiayai sejumlah besar untuk program magang riset namun sejumlah kecil untuk menjadi mahasiswa S3 Fasilkom UI dengan kesempatan lulus tahap ujian di Fasilkom UI lebih tinggi.

Kesempatan Sekolah di Luar Negeri

Salah satu kewajiban Fasilkom UI kepada mahasiswa S3 adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk sekolah di luar negeri. Dengan program magang riset ini, peserta yang tergabung dalam salah satu laboratorium riset di Fasilkom UI memiliki kesempatan untuk mengenal dan terlibat dalam riset oleh partner internasional yang ada di Fasilkom UI. Peluang ini dapat digunakan oleh peserta untuk mempersiapkan karya riset setingkat internasional sehingga kesempatan sekolah ke luar negeri menjadi lebih besar.

Memperoleh Sertifikat Riset

Setelah selesai mengikuti program magang riset ini peserta akan mendapatkan Sertifikat bahwa peserta tergabung di salah satu laboratium riset Fasilkom UI.

Adapun prosedur untuk bergabung menjadi peserta Program Magang Riset di Fasilkom UI adalah sebagai berikut:

1. Persyaratan akademik

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program Magang Riset, antara lain:

  • Telah lulus S2 dengan jurusan Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Fisika, Matematika, Ilmu Komputasi, atau bidang selain tersebut dengan pengalaman kerja/terlibat proyek di bidang Teknologi Informasi.
  • Terdaftar menjadi mahasiswa program credit earning di Fasilkom UI.

2. Prosedur administratif

Prosedur administratif untuk mendaftar program magang riset sebagai berikut:

  • Mengikuti prosedur sistem pendaftaran program credit earningyang berlaku di Fasilkom UI dengan melampirkan dokumen-dokumen berikut:
    • Ijazah magister dan ijazah sarjana yang telah disahkan
    • Transkrip akademik magister dan sarjana yang telah disahkan
  • Menyerahkan berkas tambahan sebagai calon peserta program magang riset di Fasilkom UI dalam bentuk softcopy(via email ke akademik@cs.ui.ac.id) antara lain:
    • Formulir pendaftaran program magang riset (terlampir)
    • Surat izin dari atasan (apabila sedang bekerja)
    • CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset (template terlampir)

3. Kriteria penerimaan peserta program magang riset

  • Lulus seleksi program credit earning di Fasilkom UI
  • Bersedia mengikuti perkuliahan di Fasilkom UI selama 1 semester (4 bulan)
  • Mengikuti minimal satu mata kuliah credit earning yang dibuka di Fasilkom UI
  • Hadir di Fasilkom UI minimal 2 hari kerja dan saat jadwal kuliah

4. Biaya kuliah

Biaya kuliah dihitung berdasarkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) mata kuliah, sebesar Rp. 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) per SKS.

5. Tanggal-tanggal penting

Jadwal Penerimaan Program Credit Earning Fasilkom UI

Pendaftaran 1 – 15 Juli 2016
Ujian Tertulis 23 Juli 2016

  • Di kampus Fasilkom UI Depok
  • Pukul 09.00 – 15.00 WIB
Pengumuman 4 Agustus 2016
Pengisian IRS 11 – 15 Agustus 2016

Jadwal Pendaftaran Program Magang Riset Fasilkom UI

  • Pendaftaran: 1 – 15 Juli 2016 (dengan melengkapi prosedur point 2.2)

Catatan

  • Materi ujian Dasar Bidang Ilmu Komputer meliputi: Struktur Data dan Algoritma, Sistem Operasi, Matematika Diskret, Basis Data, Rekayasa Perangkat Lunak.
  • Bentuk soal: 50 soal pilihan ganda.

DOWNLOAD FORMULIR PENDAFTARAN

FAQ

1. Apakah yang perlu calon mahasiswa persiapkan untuk mendaftar dan menempuh studi Doktor Ilmu Komputer?

a. Lakukanlah studi dan riset mandiri sebelum Anda melamar S3/ Doktor. Bacalah disertasi maupun jurnal/ paper internasional yang terkait dengan topik yang diminati.       Melalui hal ini, Anda akan mendapatkan ide dan wawasan yang lebih matang untuk mempersiapkan proposal penelitian S3.

b. Pilih dan tentukan topik riset yang sejalan dengan passion. Pastikan Anda  mempersiapkan topik yang disukai dan diminati. Studi S3 akan menempuh waktu 3 – 4 tahun, untuk itu pastikan Anda mengerjakan riset yang disukai sebagaimana passion yang dimiliki, serta riset yang berdaya guna bagi masyarakat.

2. Apakah kriteria penerimaan mahasiswa Doktor Ilmu Komputer ?.

  • Memperoleh persetujuan calon dosen pembimbing.
  • Lulus ujian tertulis Seleksi Masuk Universitas Indonesia  (SIMAK UI), yang terdiri dari TPA dan Bahasa Inggris. Download Jadwal SIMAK UI dan update tanggal penting klik disini 
  • Lulus ujian tertulis bidang ilmu dan ujian wawancara di tingkat fakultas
  • Kesesuaian usulan topik  riset dengan kegiatan lab riset di Fasilkom UI.
  • Track record penelitian dan latar belakang akademik yang terkait dengan arah riset.
  • Komitmen waktu dan biaya untuk menyelesaikan studi DIK dengan baik.

3. Persyaratan apakah yang harus dipenuhi  oleh calon mahasiswa untuk mendaftar program Doktor Ilmu Komputer?.

a. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/ informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan IPK minimal 3.00 (pada skala 4.00).

  • Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing .Download Form persetujuan calon pembimbing klik disini

4. Bagaimanakah saya dapat menghubungi calon pembimbing ?

  • Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa Doktor Ilmu Komputer klik disini
  • Informasi mengenai lab riset di Fasilkom UI dapat dilihat di : http://www.cs.ui.ac.id/lang/id/penelitian/riset.
  • Tips dalam menghubungi calon pembimbing:
  •  Perhatikan area minat/ kepakaran calon pembimbing, yang juga sejalan dengan minat dan topik riset Anda
  • Hubungilah calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran. Tetap berupaya dan tidak mudah menyerah bila belum mendapatkan tanggapan dari calon pembimbing terkait. Dalam rangka memberikan persetujuan, dosen yang bersangkutan dapat memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuaian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah,atau mempresentasikan topik tertentu.

5. Bagaimanakah prosedur administratif yang harus diikuti oleh calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK ?.

a. Mengikuti prosedur sistem pendaftaran online yang berlaku di UI (http://penerimaan.ui.ac.id)   dan meng-upload hasil scan dokumen-dokumen berikut pada website tsb:

  • Ijazah magister dan ijazah sarjana yang telah disahkan
  • Transkrip akademik magister dan sarjana yang telah disahkan

b. Menyerahkan berkas tambahan dalam bentuk hardcopy (ke Sekretariat Akademik, Lt. 2 Gedung B , Kampus UI Depok Fasilkom UI) dan softcopy (via email ke akademik@cs.ui.ac.id):.

  • Lembar research statement (2-3 halaman) yang berisi pernyataan minat dan motivasi riset
  • Surat rekomendasi dari dua mantan dosen pembimbing atau atasan mengenai kemampuan akademik
  •  Surat izin dari atasan (apabila sedang bekerja)
  • CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset (Download template CV calon mahasiswa program Doktor Fasilkom UI klik disini)
  • Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kewajiban pembiayaan kuliah atau pernyataan beasiswa bila mendapatkan beasiswa dari institusi
  • Berkas yang tidak wajib dikumpulkan peserta namun dapat memberikan nilai tambahan: 
    • Surat pernyataan kesediaan calon pembimbing dari salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer yang telah bergelar S3 (Download Form persetujuan calon pembimbing klik disini )
    • Proposal penelitian S3/ Doktor

6. Untuk ujian Dasar Bidang Ilmu Komputer, materi apa sajakah yang diujikan?

Struktur Data dan Algoritma, Sistem Operasi, Matematika Diskret, Basis Data, Rekayasa Perangkat  Lunak.

7. Untuk ujian Wawancara dan Diskusi Research Statement, materi apa sajakah yang perlu calon mahasiswa persiapkan? .

Menyiapkan bahan presentasi singkat sepanjang 15 menit, yang dapat menunjukkan/ menjelaskan :

  • Research statement.

Research statement tidak harus merupakan proposal penelitian yang akan dilakukan dalam studi S3, namun research statement ini akan memberikan gambaran kepada tim pewawancara tentang kesiapan calon mahasiswa untuk menjalani studi S3.

  • Minat penelitian dan motivasi peserta
  • Pengalaman/ track record pendidikan dan penelitian sebelumnya (tesis S2, dll)

8. Untuk acuan pembelajaran, bagaimanakah calon mahasiswa dapat melihat kurikulum  materi kuliah terkait di Fasilkom ?.

Anda dapat melihat melalui link berikut: http://panduan.cs.ui.ac.id/?p=822.

9. Bagaimana mengenai biaya pendidikan program Doktor Ilmu Komputer?

Info biaya dapat dilihat melalui link berikut: http://www.ui.ac.id/akademik/biaya-pendidikan-pasca.html

10. Informasi lainnya: 

  • Lokasi perkuliahan program Doktor Ilmu Komputer, dilakukan di Depok
  • Lama masa studi untuk program Doktor : 6 semester dan maksimal 10 semester. Masa studi tersebut bisa menjadi lebih singkat/ lama tergantung dari prestasi dan jumlah SKS yang diambil setiap semesternya.
  • Program Pasca Sarjana Fasilkom UI sudah terakreditasi A.