Beasiswa

Umum

Pemberian beasiswa di Fasilkom UI mengikuti pola yang sama dengan fakultas lain di UI. Secara umum, skema beasiswa untuk mahasiswa program S1 Reguler adalah sebagai berikut:

    • Beasiswa Universitas dalam bentuk BOP-Berkeadilan (BOP-B)

BOP-B adalah skema pemberian beasiswa berupa pengurangan besaran BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan besaran UP (Uang Pangkal). Mahasiswa dapat mengajukan permohonan BOP-B sebelum periode registrasi administasi dimulai sesuai dengan jalur penerimaan di Universitas.

Mahasiswa yang tidak mengajukan BOP-B akan dikenakan biaya pendidikan penuh yaitu BOP Rp. 7.500.000,- per semester dan UP Rp. 25.000.000,-. Mahasiswa yang mengajukan BOP-B akan dievaluasi keadaan finansialnya berdasarkan penghasilan orangtua, jumlah tanggungan orangtua, aset yang dimiliki, dan rekomendasi dari RT/RW. Penetapan nilai UP dan BOP akan disesuaikan dengan kemampuan bayar orangtua/penanggung biaya. Informasi lebih lengkap tentang BOP-B ini dapat dilihat pada file SK Rektor UI nomor 272/SK/R/UI/2009 tentang Beasiswa Universitas untuk Mahasiswa Baru UI Program Sarjana Reguler (link ke file PDF SK Rektor terlampir).

    • Beasiswa dari Sponsor

Selain Beasiswa Universitas, mahasiswa S1 Reguler juga mendapat kesempatan untuk memperoleh beasiswa dari pihak luar seperti pemerintah, bank, dan perusahaan swasta lainnya. Beasiswa yang diberikan beragam sifat maupun durasinya. Ada beasiswa yang hanya memberikan uang saku per bulan selama setahun, dan ada pula beasiswa yang memberikan uang saku bulanan ditambah dengan tunjangan BOP sampai mahasiswa tersebut lulus. Setiap tahunnya, sekitar 250 mahasiswa S1 Reguler Fasilkom dari seluruh angkatan mendapat beasiswa dari berbagai sponsor.

Informasi tentang beasiswa dari sponsor dapat dilihat di http://mahasiswa.ui.ac.id/

Untuk mendownload SK Rektor silahkan klik di Sini

Beasiswa Asisten Dosen

Beasiswa Asisten Dosen untuk Program Pascasarjana FASILKOM UI

(Magister Ilmu Komputer – MIK, Magister Teknologi Informasi – MTI, Doktor Ilmu Komputer  DIK)

Tahun 2017/2018 Term 1


Penerima Beasiswa akan mendapatkan kontrak
sebagai asisten dosen paruh waktu dan akan menerima honor bulanan.

Program Beasiswa Akademik Tahun 2017/2018 Term 1

Jumlah Penerima Beasiswa (Penuh) yang diharapkan: 4 orang

Jumlah Asisten Dosen Kontrak (Tanpa Beasiswa UP/BOP) yang dibutuhkan: 20 orang.

(Jumlah dapat berubah tergantung ketersediaan anggaran atau sponsor)

Rincian Program Beasiswa

Penerima Beasiswa akan dibebaskan dari kewajiban untuk membayar biaya kuliah (BOP) dan uang pangkal (UP) serta akan menerima uang tunjangan sebesar Rp 2.400.000/bulan. Beasiswa akan diberikan untuk menyelesaikan studi pada Program Magister Fasilkom UI atau Program Doktor Fasilkom UI. Di samping sebagai mahasiswa Pascasarjana, penerima beasiswa akan bekerja sebagai Asisten Dosen paruh waktu. Asisten Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia meliputi:

  • Asisten Kuliah
  • Asisten Praktikum

Hak dan Kewajiban

  • Selama menjalani perkuliahan:
    • Wajib menjalani kuliah dengan sebaik-baiknya.
    • Seluruh biaya kuliah meliputi BOP dan UP akan disiapkan oleh Fasilkom UI
    • Wajib membantu sebagai asisten dosen dengan beban kerja 20 jam/pekan.
      • Asisten Kuliah bertugas memberikan tutorial, menilai tugas, membantu dosen mempersiapkan materi/dokumen atau pengaturan kuliah pada pada satu atau lebih kelas.
      • Asisten Praktikum bertugas seperti mengkonfigurasi lab/ peralatan praktikum, konfigurasi jaringan, network security, merawat peralatan (computer, hardware, jaringan), pengembangan sistem, pengolahan data, dan lainnya.
    • Menerima tunjangan biaya hidup senilai Rp. 2.400.000 per bulan atau sesuai kontrak.
  • Selama masa liburan kuliah:
    • Wajib tetap membantu secara part time dengan beban minimal 20 jam /pekan dan maksimal 40 jam /pekan.
    • Tetap menerima tunjangan biaya hidup sebagaimana saat kuliah
    • Bila mendapatkan tambahan beban kerja hingga lebih dari 20 jam /pekan maka berhak pula mendapat tambahan honor sesuai aturan yang berlaku.
  • Setelah lulus kuliah, bila diminta oleh Fasilkom UI:
    • wajib untuk menjalani ikatan dinas kerja kontrak (tidak sebagai staf tetap dan tidak ada jaminan akan diangkat jadi staf tetap) selama minimal n+1 semester, dengan n adalah periode dukungan beasiswa. Selama menjalani ikatan dinas kerja kontrak:
      • akan mendapat tugas membantu perkuliahan atau membantu layanan IT di Fasilkom UI atau tugas tambahan lainnya dalam batas jam kerja full time 40 jam/pekan.
      • akan mendapat honor sesuai aturan yang berlaku
  • Penerima beasiswa tidak memiliki komitmen kerja di luar Fasilkom UI selama periode program beasiswa dan periode kontrak setelah program beasiswa.

Persyaratan Beasiswa

Untuk mengajukan beasiswa, pelamar harus memenuhi persyaratan antara lain:

  1. Beasiswa ini hanya dibuka untuk warga negara Indonesia.
  2. Telah lulus program Sarjana (S1) atau Magister (S2) dari institusi pendidikan dengan bidang Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Matematika atau Ilmu Komputasi lainnya, dengan minimum IPK 3.00 dari 4.00.

Persyaratan

Lamaran harus dikumpulkan dengan melampirkan formulir lamaran beasiswa dan berkas-berkas berikut ini:

  • Ijasah S1 dan Transkip Nilai. Bila belum tersedia dokumen resmi, dapat menunjukkan dokumen sementara.
  • Riwayat Hidup, mencakup biografi data diri, informasi akademik, pengalaman kerja dan riset (bila ada).
  • Surat Rekomendasi dari 3 pimpinan/pembina akademik, setidaknya 2 orang dari bidang akademik, misalnya pembimbing skripsi.
  • Surat Lamaran: ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris, tidak lebih dari 3 halaman, meliputi motivasi, minat riset dan mengajar, pengalaman mengajar (jika ada).
  • Untuk beasiswa program DIK dapat pula diikuti oleh mahasiswa lulusan S1 dengan syarat mengikuti program fast-track S1-S2-S3.

Prosedur

Pelamar diharuskan telah mendaftar ke program pendidikan di Universitas Indonesia dengan melakukan registrasi di http://penerimaan.ui.ac.id dan telah melengkapi semua persyaratan termasuk lulus seleksi SIMAK UI (Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris).

Pada saat menyerahkan lamaran, berkas-berkas (softcopy –point persyaratan) di atas telah dikumpulkan sebelum batas waktu (lihat di bagian Jadwal Beasiswa) via email ke Akademik Fasilkom UI: akademik@cs.ui.ac.id.

Mohon menggunakan penanda kata-kata khusus pada perihal email, yaitu:

  • Untuk pengiriman lamaran: [Daftar Beasiswa Asisten Dosen Tahun 2017/2018 Term 1]
  • Untuk permintaan keterangan: [Keterangan Beasiswa Asisten Dosen Tahun 2017/2018 Term 1]

Untuk informasi mengenai Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, silahkan mengunjungi homepage: www.cs.ui.ac.id

Kandidat yang lolos seleksi akan diundang untuk menghadiri sesi wawancara di Fasilkom UI, dimana kandidat harus menunjukan berkas-berkas (poin persyaratan) versi cetak.

Hasil dari proses evaluasi antara lain:

  • Diterima dengan beasiswa pendidikan penuh dan tunjangan hidup serta kontrak Asisten Dosen.
  • Diterima untuk kontrak sebagai Asisten Dosen, dengan honor Asisten Dosen tapi tanpa beasiswa pendidikan (Biaya UP dan BOP tidak dibayarkan oleh Fasilkom UI). Kandidat masih bisa mendaftar untuk skema beasiswa lain seperti BPPS, LPDP atau kerja proyek dari lab riset.
  • Tidak diterima.

Semua penerima beasiswa akan membuat pernyataan:

  • Surat pernyataan bahwa penerima beasiswa berkewajiban untuk melaksanakan tugasnya sebagai Asisten Dosen di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.
  • Surat pernyataan bahwa setelah lulus, jika ditawarkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, peneriman beasiswa harus menerima kontrak sebagai Asisten Dosen full time (probation staff), dengan masa maktu n+1 semester, dimana n adalah periode dukungan beasiswa.
  • Surat pernyataan bahwa penerima beasiswa tidak memiliki komitmen kerja diluar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia selama periode program beasiswa dan periode kontrak setelah program beasiswa.

Jadwal Beasiswa Asisten Dosen Tahun 2017/2018 Term 1

Periode Pendaftaran SIMAK UI
13 Februari – 24 Maret 2017 Pendaftaran SIMAK UI (http://penerimaan.ui.ac.id)
2 April 2017 Ujian SIMAK (Genap)
2 Mei 2017 Pengumuman Lulus SIMAK (Genap)
Periode Pendaftaran Beasiswa
1 April 2017 Pengumpulan Berkas (untuk Beasiswa)
1 April 2017 Fasilkom UI – Ujian Bidang (Operating System, Algorithm, Data Structure, Software Engineering, Database, Computer Network, Mathematic Discrete, Linear Algebra)
10-21 April 2017 Wawancara (hanya kandidat yang lolos seleksi yang akan diundang untuk wawancara)
3 Mei 2017 Pengumuman Lulus (Beasiswa)
Mulai menjalani kontrak
Agustus 2017 Untuk yang menerima beasiswa tanpa UP/BOP
September 2017 Untuk yang menerima beasiswa penuh

Form Teaching Assistant

FAQ Teaching Assistant